Medan Junjung Merdeka Belajar, Literasi Siswa jadi Rintangan Penting

Medan Junjung Merdeka Belajar, Literasi Siswa jadi Rintangan Penting

Berita

Program Merdeka Belajar yang dikeluarkan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim mendapatkan respon positif Pemerintah Kota (Pemko Medan). Pemko mengeluarkan portal https://medanmerdekabelajar.com. Portal Merdeka Belajar di Medan ini mendatangkan evaluasi aktif (active learning) di kelas-kelas, menggerakkan kebijaksanaan sekolah yang inovatif, penguatan literasi, budaya bersih serta pendidikan ciri-ciri.

Semua implementasi Merdeka Belajar di sekolah akan diterbitkan lewat situs ini. “Situs ini bisa menjadi media belajar buat semua kepala sekolah, pengawas serta guru,” tutur Masrul Badri Plt. Kepala Dinas Pendidikan serta Kebudayaan (Kadisdikbud) Medan. Situs ini dikeluarkan Pelaksana Pekerjaan (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution dalam acara Sarasehan Medan Merdeka Belajar di Aula Yayasan Pendidikan Keinginan, Sabtu (28/12/2019).

Hadirkan evaluasi berkualitas

Sarasehan ini diadakan untuk membuat implementasi Merdeka Belajar di semua SD serta SMP di Medan. Selanjutnya Masrul menjelaskan ruh penting pergerakan Merdeka Belajar di Medan ialah mendatangkan evaluasi yang berkualitas di kelas. Di SD mengaplikasikan Evaluasi Aktif Kreatif, Efisien serta Menyenangkan (PAKEM) serta di SMP mengaplikasikan Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan mode evaluasi ini siswa jadi lebih aktif. “Beberapa anak akan belajar pecahkan permasalahan, bebas mengungkapkan gagasannya, dapat bekerjasama serta punya ciri-ciri,” tutur Akhyar Nasution.

Baca juga : 111 Polisi Di Mimika Papua Naik Pangkat Mendekati Waspada 1 Malam Tahun Baru

Tidak hanya evaluasi, web ini berisi praktik baik dari kebijakan sekolah. Semua terobosan sekolah yang inovatif akan diterbitkan, hingga dapat memberikan inspirasi sekolah-sekolah lain. “Tidak hanya alat share, web ini kami pakai jadi alat monitoring. Kami dapat tahu apa dikerjakan sekolah secara cepat,” tegasnya.

1 thought on “Medan Junjung Merdeka Belajar, Literasi Siswa jadi Rintangan Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *